Rabu, 24 April 2013 | |

Studi Kasus di Bidang Etika Profesi Seorang Pemain Sepak Bola

Studi Kasus di Bidang Etika Profesi Seorang Pemain Sepak Bola



Etika adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Sedangkan profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dengan mengandalkan suatu keahlian. sehingga etika profesi itu adalah aturan yang dijalankan untuk menjalankan profesinya secara profesional (memiliki profesionalisme) untuk menghasilkan nafkah hidup. Ini adalah salah beberapa gambar mengenai tindakan yang tidak sesuai dengan etika profesi tersebut.
Seperti yang kita telah ketahui, sepakbola merupakan sebuah cabang olahraga yang mengedepankan kolektifitas tim dalam permainannya.Tidak bisa hanya mengandalkan satu orang saja untuk membobol gawang lawannya.Oleh karena itu setiap pemain harus memiliki jiwa kolektif baik didalam maupun diluar lapangan,karena sifat ini begitu penting dan wajib dimiliki pemain. Hal itu juga yang mencerminkan etika seorang atlet sepakbola dalam suatu pertandingan.Dengan etika yang baik maka akan tercipta permainan yang indah ,fair-play dan jauh dari kerusuhan dan perbuatan anarkis lainnya.Sebagai contoh video tersebut, dimana zidane (kaos putih) menanduk materazzi (kaos biru) dengan kepalanya. pada pertandingan final piala dunia tahun 2006. Hal itu dikarenakan adanya saling ejek antar kedua atlet sepak bola tersebut. Atlet sepakbola harus bermain sportif alias tak boleh berbuat curang dalam suatu pertandingan, hal ini berkolerasi juga dengas sifat emosi pemain sehingga melakukan hal seperti itu.


Protes Pemain


beckham yg meludah

Di dalam sejarah sepakbola terdapat beberapa pelanggaran etika menurut penulis yang kerap terjadi di suatu pertandingan.Hal pertama yakni meludah dilapangan.Kegiatan ini sebenarnya merupakan hal yang wajar dilakukan seorang atlet sepakbola,hanya saja kurang baik dalam sisi etika nya.Lalu yang berikutnya adalah memprotes keputusan wasit.Keputusan disini ya pastinya yang merugikan dirinya dan timnya,seperti mendapat tendangan pinalti atau merasa wasit berat sebelah dalam menjalankan tugasnya. Memprotes terlalu keras kepada wasit akan menyebabkan dikeluarkannya kartu merah atau skors bagi pemain atau denda bagi yang bersangkutan dan tim yang dibelanya kemungkinan akan didiskualifikasi untuk pertandingan-pertandingan berikutnya.


tekel yg sangat keras

Hal lainnya semisal bersifat arogan atau angkuh dilapangan,sifat ini sangatlah bertentangan dengan etika seorang atlet manapun didunia ini,selain itu sifat yang satu ini sangat dibenci oleh pemain lain. Biasanya atlet yang sudah berkelas atau memiliki skill bagus yang sering melakukan ini,dia enggan member bola kepada rekan sesame timnya,dan lebih memilih untuk menggiring bola sendiri sampai area lawan.Sifat ini erat kaitannya dengan egoisme seorang pesepakbola. Selain itu juga tekel yang keras terhadap pemain lawan, hingga menyebabkan pemain tersebut terluka dan tidak dapat melanjutkan pertandingan.
Sudah seharusnya etika dalam diri atlet pesepakbola itu ditanamkan dan dipraktikkan dalam kehidupan,karena etika sangat erat kaitannya dengan prestasi dan kondisi psikologis pemain atau atlit itu sendiri. Etika juga berkaitan dengan sanksi atau denda yang akan di jatuhkan kepada pemain jika mereka melakukan pelanggaran etika dalam suatu pertandingan,karena itu hal yang lumrah terjadi. Kesimpulan yang dapat diambil dari tulisan ini yakni bahwa Seorang artlet dalam cabang olahraga manapun khususnya sepakbola haruslah memiliki dan menjaga etika baik ketika berada didalam maupun diluar lapangan,selain tentunya menjadi image,etika juga dapat memacu prestasi dan psikologis pemain,seperti doping yang dilakukan Maradona ketika masih menjadi pemain Argentina.
Hal itu tentu saja adalah perbuatan yang salah,dia berpikir bahwa dengan mengkonsumsi doping,prestasi pun akan naik,tapi pada akhirnya dia harus menerima akibat dari perbuatannya tersebut.Jadi Etika yang baik adalah kunci utama dari suksesnya seorang atlet sepakbola untuk karir dan kehidupannya.

Sumber






Nama : Prasetyo Adhiwibowo
NIM : 12107435






0 komentar:

Posting Komentar